Senin, 13 Juli 2015

TATTOO BERDASARKAN KACA MATA GUE

Sumber (Google)


Rajah atau tato (bahasa Inggris: tattoo) adalah suatu tanda yang dibuat dengan memasukkan pigmen ke dalam kulit. Dalam istilah teknis, rajah adalah implantasi pigmen mikro. Rajah dapat dibuat terhadap kulit manusia atau hewan. Rajah pada manusia adalah suatu bentuk modifikasi tubuh, sementara rajah pada hewan umumnya digunakan sebagai identifikasi. ( Sumber : Wikipedia )
Sore itu pada tanggal 28 Juli 2014 pukul 16:35wib gue pacu sepeda motor gue dengan kecepatan yang tinggi, seakan tidak mau kalah dengan keyakinan gue, akan menorehkan tinta dibadan ( goes to tattoo studio TARING BABI) dengan design yang sudah gue kemas sedemikian rupa beserta filosofinya di dalam sebuah flashdisk berkapasita 8gb, yang akan gue konsultasikan ke pada sang tattooist, setibanya di sebuah rumah singgah yang yang biasa di sebut TARBI gue menemui salah satu Tattooist yang sudah tidak asing lagi beliau adalah BOBY MARJINAL basis dari salah satu personil band PUNK Legendaris Jakarta yang sudah memiliki sederet prestasi karya yang abadi.

Singkat cerita,,, Boby langsung tertarik dengan design dan filosofi dari konsep yang gue ajukan untuk dia bantai di badan gue, dari segi design, warna, filosofi dan tata letak sudah gue konsultasikan kepada beliau…. Tanpa banyak membuang waktu beliau pun lansung mempersiapkan alat, sudah banyak perbuahan memang di studio tsb, dari segi pelayanan sampai pengerjaan yang sudah sangat steril layaknya studio tattoo artis ternama pada umumnya yang sangat mengutamakan kesehatan pelanggannya. Jarum mesin pun menderu dengan kencang, gue nyeletuk, oke juga nih mesin, beliau menjawab,  maklum mesin baru nih “ncek” asli jepang hadiah dari HARDCORE TATTOO JAPAN yang kemarin anak-anak tour sekalian nato disana, panggilan akrab beliau ke gue dari jaman sekolah yang masih dia inget,hhe gue pun tertawa, sedikit percakapan terjadi saat proses berlangsung.

Sambil sedikit merintih gue liat tattoo yang menjuntai jelas di wajahnya yg sudah lama jadi beban difikiran gue apa maksud gambar tersebut dibuat di wajahnya, gimana gue gak penuh tanda Tanya, sebuah tiang listrik tanpa kabel berdiri kokoh bukan di tanah kosong melainkan di bagian sisi kanan wajahnya dan sedikit naik kearah atas kepalanya sebelah kanan… gue bertanya kepada beliau om Bob, sapaan akrab gue ke dia. Woit…???!!! Sautan biasa dia ketika di panggil,,, boleh gue nannya tentang makna dan arti dari sebuah tiang listrik (tattoo di wajah) yang lu pasang di muke lu om,???!! Dia tertawa, dan dia malah nannya balik ke gue… menurut lu apa.?!!! Hmm,,, sejenak berfikir dan gue gak paham,,, gak tau om… sambil asik dia nyiksa gue dia menjelaskan…. Bahwasanya makna tattoo beliau tsb ialah sebuah tiang listrik berdasarkan kegunaannya yaitu sebagai penyangga arus listrik untuk mengoneksikan dari tempat A ke tempat B begitu pun seterusnya dan akhirnya sampai di tujuannya.

Gue coba tarik kesimpulan dari penjelasan beliau akan makna tattoo tsb. Berati pada intinya tattoo lu itu lu lambangkan sebagai koneksi ya om,???!!! Yessss…That’s Right jawaban dia. Gue Tanya lagi tujuannya apa lu buat tiang listrik itu di wajah.?! Tujuannya adalah gua mau menjadikan diri gue seperti tiang listrik ini, dimana gue bisa menjadi penghubung / koneksi diantara sesama manusia tanpa ada rasa lelah, lesu dan mengeluh. Karena pada dasarnya kita adalah manusia dan manusia adalah mahluk sosial kita wajib bisa saling tolong menolong, membantu dan mendukung kepada manusia lainnya yang membutuhkan. Tanpa terasa selama 1 jam tattoo yang gue impikan selesai digarap… Gila emang tuh manusia kalo buat gambar gak dimana gak dimana kece badai dan kilat menurut gue. 90% sesuai design kacau… puas gue.. Demikian sedikit cerita tentang proses tattoo pertama yang gue buat bersama Om Boby di TARING BABI TATTOO STUDIO.

Om Bob (TARBI TATTOO STUDIO)

Dan kalian sudah dapat menyimpulkan seberapa makna tattoo dari om Bob tadi berdasarkan sepenggal kecil makna tattoo di wajahnya,??? Jika iya apakah masih ada fikiran negative tentang tattoo.???!!!

Jika masih lu terusin baca sampai bawah, gue akan coba mengeluarkan unek – unek gue buat orang yang masih berfikiran negative tentang tattoo apa lagi memaknai tattoo adalah kriminal…
Tattoo diambil dari kata Tatau dalam bahasa Tahiti, jika kalian memahami bahwa tattoo itu adalah sebuah warisan budaya bangsa Indonesia, jika memang sebelumnya tattoo tertua di temukan di mesir pada abad ke 20 SM dan penelitian lanjutan menjelaskan bahwa Tattoo mentawai atau yang biasa disebut Titi adalah budaya tattoo yang tertua, pada zaman logam masyarakat mentawai sudah banyak yang memiliki tattoo sekitar tahun 1500 SM – 500SM , yang di percayai memiliki fungsi sebagai keseimbangan alam, begitu juga masyarakat Dayak yang sangat memaknai arti tattoo sangat dalam bagi mereka, seiring berjalannya waktu tepatnya pada tahun 70an masyarakat kita diresahkan dengan gerakan PETRUS Penembak Misterius, dari sana lah tattoo bergeser makna dan mendapatkan kesan negatif akan orang-orang yang memiliki tattoo yang sesungguhnya mereka yang berpandangan kearah sana tidak memiliki data kongkrit atas issue yang berkembang pada masa itu, sangat disayangkan menurut gue akan mereka yang masih berfikiran negatif tentang tattoo sampai pada saat ini.
Bahwasanya jika mereka mengetahui secara dalam akan makna tattoo gue rasa meraka akan menjadi masberto juga kaya gue,,,hha,, karena sesungguhnya dibalik tattoo itu sendiri terkandung beberapa unsur diantaranya,,, jelas yang pertama adalah dosa, di Agama apapun, jelas melarang umatnya untuk ditattoo / dirajah. Kandungan lainnya dari tattoo sendiri ialah ada unsur Budaya, Cinta, Seni, Jiwa, Energi, Motivasi, Cerita, Rasa, Trend dan masih banyak lagi makna – makna lainnya yang terkandung di dalam tattoo itu sendiri yang gak bisa gue jabarin secara luas. Dan gue sendiri menilai tidak ada sedikit pun Negative atau kriminal akan tattoo yang menempel di tubuh para masberto, kaya cicek aje nempel,,, bukan karena gue termasuk masberto gue bisa beranggapan seperti itu, tp karena memang tattoo yang gue buat itu berdasarkan cinta dan rasa yang ada didalam jiwa untuk dapat mengacu pada semangat hidup gue, mungkin biasa di sebut tattoo energi, dan gue juga belum pernah mendengar dan menemukan penjahat yang mungkin bisa dikatakan penjahat kelas kakap seperti para KORUPTOR yang tindakannya merugikan orang banyak, tidak hanya satu orang yang dirugikan mungkin bisa jutaan, dan apakah ada mereka yang melakukan itu dari sekian banyak tersangka memiliki tattoo di tubuhnya.???!!! Jawabannya gue belum menemukan sampai saat ini.!!!

2015 tahun dimana tattoo sudah dapat diterima oleh masyarakat kita,,, Alhamdulillah yah,,, dimana masberto sudah ada yang menjadi menteri dan juga menteri yang berprestasi menurut gue dan survey sementara yang dilakukan pengamat siapa dia….??? Jreng,,,jreng…. Ya Ibu Mentri Kelautan dan Perikanan REPUBLIK INDONESIA Ibu Susi Pudjiastuti yang memiliki tattoo di bagian kakinya itu baik disadari atau tidak sama beliau, beliau sudah membawa kami yang subculture kearah pandangan yang sedikit positif dari sebelumnya,,, dan maraknya putra putri terbaik bangsa (Atlet) yang tanpa canggung lagi untuk mengias tubuhnya dengan tinta abadi (tattoo) itu sendiri, banyak juga Artis – artis dan media yang sudah tidak menutupi lagi tattoo yang dimiliki untuk terexpose kamera ke media elektronik (Televisi)  keep aplouse buat para pejuang – pejuang tattoo pendahulu yang gencar mengkampanyekan bahwa TATTOO BUKAN KRIMINAL.!!!

0 komentar:

Posting Komentar